Kamis, 19 Maret 2009

Mengatasi Kesedihan


God knows how my broken heart had sent me to the lowest spot of life. Perjalanan hidup membuatku menyadari bahwa Dia punya kuasa terbesar akan apa yg akan&telah terjadi. Hari ini aku ingin membagi tips bagaimana mengisi waktu bila masa2 sedih 'terpaksa' kita jalani;
  1. Ungkapkan kesedihan: pada hari pertama rasa sakit itu datang, pasti shock, sedih, dan hal2 semacamnya yg akan memenuhi hati kita. Saranku, ungkapkan kesedihan dengan cara yg baik(tidak merugikan diri sendiri dan orang lain), seperti menangis, menulis di blog, atau pilih cara ke-2 ini. Air mata memang tidak membuat situasi berganti, tp at least emosi kita tidak termampatkan :-)
  2. Curhat: mungkin orang menganggap remeh hal yg satu ini, tp bercerita kepada orang lain yang kita percayai akan membantu meringankan beban. Setidaknya, teman/sahabat akan membantu kita utk bisa berpikir jernih
  3. Lakukan hal yg menyenangkan: bagi Ratih, berbelanja, membeli buku2 favorit setidaknya akan membuat pikiran teralih. Intinya, pikirkan lagi utk mencoba menekuni hobby, melakukan hal2 yg membuat pikiran kita bekerja.
  4. Lihatlah mereka: yaitu orang2 yg lebih menderita dari kita. Dulu, aku senang berkunjung ke panti asuhan atau tempat lainnya. Menajamkan nurani akan membantu hati ini utk merasa "I'm so lucky to have so many wonderfull thing in life...."
  5. Dekatkan diri padaNya: benar, paling aman itu mengungkapkan semua kesedihan kita padaNya. Percaya deh, Dia tak akan membiarkan kita mengalami hal2 yg beyond our power.

Nah, itu tadi tips dari aku based on my own experience. Jangan terlalu bersedih dgn apa yg sedang kita jalani. Percaya saja bahwa apa yg sedang terjadi adalah caraNya utk menata puzzle dalam hidup kita. Bukankah kebahagiaan dan kesedihan adalah bumbu kehidupan yg harus dirasakan setiap manusia? Sedih, gagal, dan hal2 semacamnya justru membantu kita menjadi a better person, depend how we manage it.

Ok, don't be sad..bukankah hidup itu terasa indah saat kesedihan dan kebahagiaan terjelang?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

justmegaz