Rabu, 15 Juli 2009

Percaya diri, Narsis, dan sombong...???



Percaya diri, narsis, dan sombong, kayaknya beda tipis banget ya? Percaya nggak sih, kalo dari percaya diri kita bisa jadi orang yang sombong? Kalo aku sih percaya2 aja,, biz percaya diri yang nggak dikendalikan bisa jadi sombong sih… (menurutku)

Coba deh kita liat apa sih bedanya ketiga sifat itu… yukz…

Percaya diri, sebuah sifat dimana seseorang tidak terlalu risau dengan ataupun tanpa pujian orang lain, karna ia selalu mensyukuri anugerah Tuhan yang diberikan kepadanya. Biasanya seseorang yang percaya diri lebih fokus kepada “kompetensi diri” dan tidak takut untuk mengakui kesalahannya.

Narsis, memandang dirinya secara berlebihan serta senang sekali menyombongkan diri dan berharap orang lain memberikan pujian, hmm.. mungkin juga berharap untuk dikagumi orang lain. Biasanya mereka senang menunjukkan kelebihannya dan takut jika kekurangannya diketahui orang lain. Bisa jadi, narsis adalah salah satu bentuk kesombongan manusia. Ya nggak sih??

Orang yang sombong biasanya menganggap dirinya lebih tinggi dari orang lain dan seolah selalu tahu apa yang paling baik untuk orang lain. Ia sulit dan bahkan tidak pernah mengakui kesalahannya, suka membanggakan dirinya, dan sangat peduli dengan pendapat orang lain terhadap dirinya. Ehm… aku termasuk nggak ya??
Nah,, termasuk yang mana kamu???
Lalu bagaimana cara menjadi percaya diri tanpa berubah menjadi narsis atau sombong?

Peduli akan penampilan
Perbaiki penampilan Anda tanpa maksud bahwa orang lain akan memuji Anda karena itu. Bukan untuk narsis2an lho… Lakukan itu karena Anda tahu bahwa Anda harus mengeluarkan sisi terbaik dari diri Anda.

Berikan senyuman tulus
Berusahalah untuk senyum kepada semua orang sebagai ungkapan hati kamu yang paling dalam, bukan senyum karena orang bisa terpesona terhadap senyumanmu atau senyuman sinis yang menunjukkan bahwa kamulah yang terbaik dari semuanya.

Perhatikan orang lain
Mulai sekarang, berikan sedikit waktumu untuk menanyakan kepada teman atau orang sekitarmu apa kabar mereka dan libatkan diri dengan mereka, lakukan itu dengan tulus pula. Tunjukkan bahwa kamu melihat mereka sebagai orang-orang yang kamu hargai, siapapun dan apapun posisi mereka.

Jangan ketinggalan jaman
Untuk jadi orang yang percaya diri, kamu perlu terus menginformasikan kepada dirimu tentang apa yang terjadi di sekitarmu. Caranya, ikuti berita di koran dan televisi. Ini membantumu untuk lebih percaya diri jika terlibat percakapan dengan siapa saja. Jangan sok tau ya…

Luaskan pergaulan
Jangan puas berada di lingkungan kecil milikmu sekarang. Sebisa mungkin luaskan pergaulan. Jangan pilih-pilih teman dari segala kalangan. Melihat dunia dari segala perspektif bisa membantumu untuk menjadi percaya diri tanpa menjadi sombong. Karena kamu tahu bahwa di atas langit masih ada langit dan kamupun tahu bahwa di dunia ini masih banyak orang yang hidup dalam kesulitan.

Mensyukuri keberadaanmu
Ini adalah kunci penting untuk menjadi orang yang percaya diri. Banyak orang yang tidak percaya diri karena melihat kelemahan dirinya. Dan banyak orang yang menjadi sombong karena merasa apa yang mereka punya lebih dari orang lain. Padahal inti bersyukur ialah menyadari bahwa semua itu berasal dari Tuhan semata. Tuhanpun bisa mengambilnya kapan saja Ia mau. Karena itu tidak ada yang perlu disombongkan, tapi tidak ada pula yang tidak disyukuri. Dengan keunikanmu, kamu bisa menjadi diri sendiri dan bisa berusaha memberi yang terbaik.

Ubah pola pikirmu
Dengan semua pengetahuan itu, mulai ubah cara pandangmu terhadap dunia. Jika pola pikirmu sudah terbentuk, itu akan tercermin kepada gerak-gerikmu, kata-katamu, dan perilakumu. Apakah itu percaya diri, narsis, atau sombong!

Siap jadi percaya diri tanpa berubah jadi narsis atau sombong?????
Harus siap dunkz...!!!
ya nggak sih??!!
-dari berbagai sumber-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

justmegaz