Kamis, 26 Februari 2009

HOREE... NGGAK PERLU DIET!

Nikmati setiap suapan

Biasa mengunyah makanan 3-4 kali, lalu langsung ditelan? Ternyata cara makan seperti ini bikin kita mudah gemuk. Sebuah penelitian menunjukkan, dengan makan terburu-buru, kita cenderung makan lebih banyak. Ini terjadi karena sensor rasa yang ada di lidah hanya bisa merasakan lezatnya makanan di beberapa kunyahan pertama.

Lewat dari itu, makanan kita nggak ada rasanya lagi. Lalu tanpa disadari kita cepat-cepat mengambil suapan kedua, ketiga, dan seterusnya. Kita ingin terus mendapatkan rasa lezat dan hasilnya puluhan suap masuk ke mulut.

Solusinya, kita perlu mengunyah pelan-pelan dan menikmati setiap suapan. Kecap bagaimana rasa makanan kita perlahan-lahan menghilang. Ketika itu terjadi, barulah kita makan makanan lain. Alhasil, kita bisa puas dengan satu porsi makanan ukuran sedang.

Bikin menu variatif

Harus makan buncis rebus setiap hari, nggak boleh absen makan bayam dan seledri... menu diet memang monoton. Hasilnya, kita cepat bosan dan beralih ke kebiasaan makan seperti biasa. Padahal menu yang variatif bisa bikin kita tetap langsing.

Salah satu caranya adalah membuat makanan di piring kita berwarna-warni. Misalnya, selain bayam, kita bisa menambahkan kentang rebus atau tomat merah. Menu yang warna-warni seperti ini akan bikin kita puas dan nggak nambah lagi. CC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

justmegaz