Kamis, 26 Februari 2009

REKAN KERJA MENYEBALKAN

1. Sok tahu
Bisa jadi pas baru kenal kita sering dibuat terkagum-kagum pada rekan kerja tipe ini. Abis, dia bisa ngomongin segala hal dengan lancar, pakai gaya yang meyakinkan pula! Pokoknya, terkesan kalau pengetahuannya, tuh, luaaas banget! Eh, belakangan baru kita sadar, ternyata apa yang diucapkannya lebih banyak ngaconya daripada benarnya.

Saran CC:
Memang, punya rekan kerja sok tahu lama-lama bikin gerah. Apalagi kalau kita tahu pasti bahwa info yang diberikannya salah. Rasanya ingin banget buru-buru menyangkal dan meralatnya. Tapi nggak semua orang bisa terima begitu saja kalau omongannya dibantah, terlebih tipe yang satu ini. Untuk itu lakukanlah secara halus. Tunggu sampai dia selesai bicara, baru bilang, “Oh, begitu, ya? Setahu saya, bla bla bla...” Dengan begitu, dia nggak akan merasa kita 'menyerangnya'.

2. Tukang ngobrol
Diakui atau nggak, punya rekan tukang ngobrol, tuh, asyik. Salah satunya, suasana kantor nggak bakal sepi, karena dia selalu punya bahan pembicaraan. Dari gosip seputar kantor, artis yang lagi mengajukan gugatan cerai, sampai kucing tetangganya yang baru saja beranak lima. Sayangnya seringkali rekan kerja tipe ini suka nggak tahu waktu. Saat kita lagi diuber tenggat waktu, dia tetap saja mengumbar berbagai cerita. Kalau sudah begini, baru, deh, mulai terasa mengganggu.

Saran CC:
Mengatasi si pengobrol sebenarnya gampang. Hentikan obrolannya dengan pura-pura ke kamar kecil. Lalu, sekembalinya dari WC, kita langsung saja duduk di depan komputer dan meneruskan pekerjaan. Kalau perlu, pasang muka dengan ekspresi serius. Jadi dia bakal berpikir dua kali sebelum mengusik keseriusan kita. Tapi kalau dia nggak juga berhenti mengajak ngobrol, katakan secara tegas kalau kita harus segera menyelesaikan pekerjaan dan tawarkan untuk ngobrol saat makan siang atau pulang kerja nanti. CC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

justmegaz