Kamis, 26 Februari 2009

SAATNYA MENETAP!

Kurang fokus?
Sebenarnya pindah kerja itu wajar, asal kita punya alasan jelas. Misalnya, nih, karier kita mentok setelah tiga tahun bekerja, gaji nggak kunjung naik, atau sikap atasan yang kurang menghargai karyawan. Dalam situasi seperti ini, sah-sah saja jika kita mencari peruntungan di perusahaan lain.

Tapi lain halnya jika kita merasa cepat bosan bekerja di suatu perusahaan tanpa ada penyebab khusus. Apalagi kalau pindah terus menerus secara konsisten tiap tahun atau per semester! Menurut Sekar Utami, konsultan karier dari Commitment for Success with Honesty Associates (CSH Associates), hal ini terjadi karena seseorang belum fokus terhadap dirinya sendiri.

“Kalau kurang fokus dan belum tahu apa yang kita inginkan untuk mencapai kesuksesan, maka kita berpeluang menjadi kutu loncat. Kita juga cenderung berpindah-pindah dalam waktu singkat bila tidak paham dengan makna pengalaman dan tujuan bekerja,” kata Sekar.

Yuk, menetap!
Idealnya, nih, kita menetap setidaknya tiga tahun di suatu perusahaan—jika ingin 'mapan' sekaligus memperoleh banyak ilmu dan pengalaman. Beberapa bulan pertama mungkin tahap tersulit karena kita kudu beradaptasi dengan lingkungan dan suasana kerja baru. Tapi percaya, deh, kalau mau berusaha, pasti bisa bertahan!

Hal pertama yang kudu kita lakukan supaya betah adalah fokus dan tahu tujuan kita bekerja. Jangan lupa, pahami juga kebiasaan kerja dan budaya kantor tersebut biar kita nggak terlalu banyak mengeluh. Siapa tahu cuma kita saja yang 'manja'....

“Dalam bekerja, kita pasti akan menemui hal-hal nggak menyenangkan, tapi kita mesti selalu berpikir positif. Anggaplah kendala yang kita temui sebagai sarana untuk membuat kita lebih kreatif dalam mencari solusi kerja. Setiap berhasil mengatasinya, kita pasti memperoleh kepuasan sehingga semakin betah di kantor,” ujar Sekar menyarankan. CC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

justmegaz