Kamis, 26 Februari 2009

TRIK CERDAS ATUR PRIORITAS

Sadar atau tidak, kita sering melakukan hal-hal nggak penting yang menyita banyak waktu. Saatnya membenahi kebiasan buruk kita dan sisihkan waktu buat bersenang-senang.

  1. Meja kinclong

Atas nama 'terlalu sibuk' atau 'nggak punya waktu', kita memilih jarang membereskan meja kerja. Kertas bertebaran di mana-mana, buku bertumpuk, camilan di atas kalender, bingkai foto berdebu, dan seterusnya. Nggak heran, deh, sering banget terdengar teriakan, 'ada yang lihat agenda gue, nggak?' atau 'di mana, sih, kontrak klien A?' dari meja kita. Tahu-tahu, kita sudah menghabiskan waktu sejam hanya untuk mencari sebuah kartu nama. Iya kalau ketemu, kalau nggak?

Makanya luangkan waktu, dong, buat membereskan meja. Kalau meja sudah berminggu-minggu dan bahkan berbulan-bulan tidak dibereskan memang butuh waktu ekstra, bisa seharian. Kalau perlu, masuk kantor di hari Sabtu buat membereskan meja. Kalau meja rapi kita nggak akan membuang waktu percuma untuk menemukan berkas atau barang yang kita butuhkan.

  1. Catatan

Setelah meja rapi, buatlah TO DO LIST di agenda atau mencatat poin-poin pekerjaan yang harus kita lakukan hari ini pada post it dan menempelnya di pinggir komputer kita. Jadi kita nggak lupa untuk menelepon klien, membuat surat laporan, dan sebagainya.

Setelah itu, coret daftar pekerjaan yang sudah kita lakukan. Misalnya hari ini kita sudah membuat laporan rapat, segera coret pekerjaan itu. Jadi, begitu membuka agenda, kita bakal tambah semangat karena satu demi satu pekerjaan sudah selesai. Lega!

Selain itu, biasakan diri merencanakan kegiatan apa yang akan kita lakukan terlebih dulu untuk keesokan harinya sebelum pulang kantor. Begitu tiba di kantor keesokan hari, kita langsung bisa mengerjakan tugas pertama tanpa membuang waktu lagi. CC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

justmegaz