Kamis, 26 Februari 2009

SEDERHANA TAPI BAHAYA!

Menghindari rokok dan rajin olahraga nggak menjamin kita jadi orang paling sehat di dunia. Masih ada sederet hal—meski sepele—yang bisa menggangu kesehatan dan mengundang penyakit.

1.Cobain, dong...
Nyicipin makanan teman memang enak. Makanya, kita suka cuek kalau kebiasaan ini berpotensi menularkan kuman lewat air liur yang tertinggal. Apalagi kalau menggigit langsung di tempat yang sama dengan teman. Siap-siap saja ketularan kalau dia lagi flu. Belum lagi risiko penyakit lain seperti gondongan, campak, hingga pneumonia yang bisa menular lewat percikan ludah.

Mendingan cuil sebagian makanannya. Jangan lupa gunakan sendok/garpu dan sedotan berbeda—nggak usah sok menerapkan prinsip one for all dan all for one, deh. Satu lagi: please tahu diri, kalau lagi sakit jangan nyicipin makanan teman—kasihan mereka, kan....

2.Tutty fruity
Sering makan anggur, apel, atau pir tanpa mencucinya dulu? Jangan, dong. Bisa jadi kulitnya mengandung residu pestisida, kotoran, bahkan bakteri. Salah besar kalau kita mengira hanya buah yang dimakan bersama kulitnya yang perlu dicuci.

Buah yang dipotong kayak semangka dan melon sebaiknya, sih, juga dicuci dulu, karena zat-zat berbahaya di kulit bisa terbawa di pisau dan ikut menempel di daging buah saat kita memotongnya. Lebih baik lagi mencucinya di bawah air mengalir. CC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

justmegaz