Kamis, 26 Februari 2009

Tidur itu penting Lho..


Melihat seorang bayi yang sedang tidur pulas adalah hal paling menyenangkan. Seperti tak ada beban. Bahagia. Nyaman. Ingin rasanya kembali menjadi bayi dan menikmati tidur seperti mereka. Tidur memang penting untuk kesehatan. Kurang tidur memberikan kesempatan virus penyakit menggerogoti kesehatan. Disarankan tidur cukup adalah delapan jam sehari. Dengan aktivitas Anda sehari-hari yang sibuk luar biasa hal itu mungkin sulit. Namun, mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas bisa Anda dapatkan. Bukan dengan meminum obat tidur atau melakukan kegiatan ekstra. Karena itu akan memperburuk kesehatan Anda. Beberapa tips kecil berikut mungkin bisa memperbaiki kualitas tidur Anda.

Tips 1: Ganti Seprai Setiap Minggu
Hal sepele memang. Namun kenyamanan sentuhan seprai yang Anda gunakan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Dengan seprai yang selalu bersih, kulit Anda akan seperti dibuai. Masih ingatkah Anda saat kecil, ada bantal, guling atau boneka yang selalu menemani tidur Anda. Hal itu tidak mungkin dilakukan di usia Anda sekarang ini. Namun seprai bersih bisa mengingatkan Anda akan kenyamanan tersebut.


Tips 2: Stretching
Siapa bilang
stretching hanya dilakukan sebelum melakukan kegiatan olah raga. Sebelum tidur hendaknya Anda melakukan stretching kecil. Hal ini bermanfaat untuk meregangkan otot-otot yang lelah setelah seharian beraktivitas. Alangkah baiknya Anda berbaring di atas lantai/karpet selama kurang lebih tiga menit. Mengapa harus lantai? Karena ada gaya gravitasi yang lebih kuat saat tubuh Anda menyentuh lantai. Otot-otot kembali regang. Rasa lelah sedikit demi sedikit seperti pudar, jatuh diserap gravitasi bumi.


Tips 3: Tidur di Dalam Gelap
Pastikan lampu Anda dalam keadaan mati. Otot mata butuh istirahat. Keadaan ruang tidur yang gelap membuat mata lebih rileks. Rasa kantuk akan lebih cepat terbangun dalam keadaan gelap. Berbeda dengan ketika lampu masih menyala. Akan semakin sulit Anda mengantuk. Jika memang Anda phobia gelap, pasang saja lampu dengan watt yang sangat kecil untuk membuat Anda sedikit lebih tenang.


Tips 4: Minum Yang Hangat
Meminum minuman yang hangat membuat badan Anda rileks. Namun hindari minuman yang mengandung kafein. Untuk amannya pilih saja susu. Sehat untuk tulang, sehat untuk badan dan membuat Anda nyaman.


Tips 5: Matikan Handphone
Agak sulit memang untuk Anda yang super sibuk. Namun jangan biarkan telepon tengah malam mengganggu Anda. Ada waktunya Anda bekerja, ada pula waktu istirahat. Jangan ragu beritahu rekan kantor Anda, atau bahkan bos Anda bahwa saat tidur Anda tidak ingin diganggu dengan telepon bisnis. Kualitas tidur yang bagus akan membuat Anda lebih segar dan produktif keesokan paginya.


Tips 6: Alunan Nada Lembut

Musik yang lembut adalah pengantar tidur yang paling sempurna. Tidur Anda akan semakin nyenyak dengan alunan nada lembut. Atur volumenya seperti hampir berbisik. Dengan begitu Anda akan seperti dibuai dan dinyanyikan oleh Ibu Anda. Seperti saat Anda kecil dahulu.
Selamat menikmati kesempurnaan tidur. (kpl/bee)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

justmegaz